Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai profetik dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasi Terhadap Pembelajaran Sastra Di Madrasah Aliyah ( MA). Pada tesis ini, peneliti menggunakan teknik analisis atau metode deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif merupakan data kualitatif berbentuk kata, skema, dan gambar. Adapun proses analisis data yang dilakukan dengan cara membaca, menganalisis nilai-nilai profetik yang ada dalam novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy. Berdasarkan analisi data, hasil analisis dalam aspek nilai-nilai profetik ditemukan melalui percakapan dan narasi di dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy, diketahui bahwa ada 3 (tiga) unsur nilai profetik di dalamnya yaitu 1. Humanisasi (Amar Ma’ruf), 2. Liberasi ( Nahi Munkar), 3. Transendensi (Tu’minunna Billah ). Peneliti menemukan 95 nilai profetik dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy diantaranya ( 39 nilai humanisasi atau amar ma’ruf, 26 nilai liberasi atau nahi munkar, 30 nilai transendensi atau tu’minunna billah). Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya nilai-nilai profetik dalam novel Bidadari Bermata Bening karya Habiburrahman El Shirazy yang mengerucut menjadi tiga aspek. Pertama humanisasi, humanisasi dalam penelitian ini adalah membuah jauh sifat kebencian, selalu berbuat kebaikan kepada siapapun yang menyakiti, menghargai dan menghormati orang tua, peduli terhadap sesama dan selalu mengajak dalam hal kebaikan. Kedua liberasi, liberasi dalam penelitian ini berkaitan dengan penolakan terhadap korupsi, pemberantasan dari kebodohan, pembebasan dari tuduhan atau fitnah keji, serta pembahasan dari jeratan pemanfaatan dalam hal politik. Ketiga transendensi, transendensi dalam penelitian ini berkaitan dengan pengakuan terhadap kekuatan dan kuasa Allah dengan keyakinan yang utuh bahwa segala sesuatu dan segala gerak dan tindakan bermuara dari-Nya.