Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di SMPN 3 Teluknaga dengan memfokuskan tiga pendekatan utama, yaitu PPK Berbasis Kelas, PPK Berbasis Budaya Sekolah, dan PPK Berbasis Partisipasi Masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari Pengawas, Kepala Sekolah, wakasek bidang kurikulum, wakasek bidang kesiswaan, wali kelas, guru mapel, Pembina ekstrakurikuler, perwakilan siswa kelas 7, 8, 9, perwakilan orang tua siswa, perwakilan komite, perwakilan masyarakat sekitar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter di SMPN 3 Teluknaga berjalan efektif dan telah memenuhi standar kriteria, namun terdapat beberapa fokus yang perlu ditingkatkan, dalam PPK Berbasis Kelas, masih perlu ditingkatkan lagi karena masih ada guru yang belum maksimal dalam pembelajaran yang sesuai dengan perangkat pembelajarannya. PPK Berbasis Budaya Sekolah, masih perlu ditingkatkan dalam tata tertib siswa yang masih kurang tingkat kedisiplinannya, perlu adanya suatu penerapan sistem point sebagai pengukur tingkat kedisiplinan siswa, dan untuk budaya pembiasaan di sekolah sudah terintegrasi nilai-nilai PPK perlu diperhatikan lagi agar menjadi kewajiban mutlak seluruh warga sekolah. PPK Berbasis Partisipasi Masyarakat, masih dalam proses peningkatan, karena sekolah masih minim dalam kemitraan dengan masyarakat.