Abstrak  Kembali
ABSTRAK DEPIYANTI, Judul Tesis, Pengaruh Pengalaman Kerja dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Kualitas Layanan Mengelolah Kelas di SDN Kec Ciputat Timur Tangerang Selatan. Program Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka 2012. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menguji Pengaruh Antara Pengalaman Kerja dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Kualitas Layanan Mengelola Kelas di SDN Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan di SDN di Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan, dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kusioner. Populasi target adalah guru-guru SDN Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan, sedangkan populasi terjangkau adalah guru-guru PNS yang ada di gugus 5 dan gugus 6 Kec Ciputat Timur dengan menggunakan random sampling. Jumlah populasi 168 jumlah sampel 70 orang. Uji coba dilakukan pada 30 orang guru pada dua sekolah dasar negeri.Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen pengalaman kerja guru memiliki reliabilitas = 0,811, disiplin kerja guru memiliki reliabilitas = 0,780, dan kualitas layanan memiliki reliabilitas = 0, 907. Dalam penelitian ini terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung antara: (1) pengalaman kerja guru terhadap kualitas layanan mengelola kelas, (2) disiplin kerja guru terhadap kualitas layanan mengelola kelas, (3) pengalaman kerja guru terhadap disiplin kerja Ramalan pengaruh dianalisis dengan menggunakan regresi berganda. Hasilnya disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara pengalaman kerja guru ( X1) terhadap kualitas layanan mengelola kelas (X3) dengan persamaan regresi X3 = 90,16805 + 0,2940 koefisien korelasi r13 = 90,46205 dan koefisien determinasi 06,77% dengan taraf signifikan ? = 0,05. (2) terdapat pengaruh langsung sangat signifikan antara disiplin kerja guru (X2) terhadap kualitas layanan mengelola kelas (X3) dengan persamaan regresi = 50,1025 + 0,7167 koefisien determinasi 11,20%.(3) terdapat pengaruh langsung antara pengalaman kerja guru (X1) terhadap disiplin kerja guru ( X2) secara bersama-sama guna meningkatkan kualitas layanan mengelola kelas dengan persamaan regresi = 71,0137 + 0,2509 koefisien korelasi = 71,2646 dan taraf koefisien determinasi sebesar 11,71 % dengan taraf signifikan ? = 0,05. Berdasarkan hasil penemuan tersebut, disimpulkan bahwa kualitas layanan mengelola kelas meningkat apabila guru mempunyai pengalaman kerja yang lama dengan disertai disiplin kerja yang tinggi. Sebaliknya apabila pengalaman kerja yang lama jika tidak disertai dengan disiplin kerja yang tinggi maka kualitas layanan mengelola kelas dan kualitas layanan secara umum tidak akan baik atau maksimal sehingga hasil yang dicapai juga tidak maksimal. Upaya untuk memberikan kualitas layanan yang baik terhadap siswa dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan cara: meningkat kualitas profesionalitas guru, dengan melengkapi sarana prasarana yang baik, dengan memperhatikan keramah tamahan dan memberikan pelayanan yang efektif dan efisien. Akhirnya hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peneliti dan bagi dunia pendidikan guna meningkatkan kualitas layanan mengelola kelas khususnya kualitas layanan yang ada pada sekolah dasar negri dilingkungan gugus 5 dan gugus 6 Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan.