Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui pendekatan kontekstual dengan menggunakan media alam pada siswa kelas X SMA Moh. Husni Thamrin Tangerang Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Mo Husni Thamrin Tangerang Selatan. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan ketampilan menulis cerpen melalui pendekatan kontekstual dengan menggunakan media alam. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawncara, dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindaan yang berupa skor secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen pendektan kontekstual dengan menggunakan media alam pada siswa kelas X SMA Moh. Husni Thamrin Tangerang Selatan diawali dengan menentukan ide untuk menulis cerpen. Selanjutnya siswa diminta untuk mengembangkan ide menjadi sebuah cerpen dengan mendapatkan bimbingan guru bahasa dan sastra Indonesia Penerapan pendekatan kontekstual dengan menggunakan media alam dapat meningkatkan proses dan produk belakar siswa. Peningkatan proses siswa pada akhir tindakan siklus I, yaitu siswa menjadi cukup antusias, semangat, gembira, aktif dalam menulis cerpen. Pada akhir tindakan siklus II terlihat peningkatan proses, yaitu antusias dan semangat yang ditunjukan siswa dalam menulis cerpen lebih besar, aktif, dan percaya diri. Peningkatan produk ditunjukan dengan semakin meningkatnya ketuntasan tes hasil belajar. Skor ratarata yang dicapai siswa sebelum proses tindakan adalah 61,44. Pada akhir tindakan siklus I skor rata-rata yang diperoleh sebesar 70,31 sehingga mengalami peningkatan 8,87 poin. Pada akhir siklus II skor rata-rata yang diperoleh 83,81 sehingga mengalami peningkatan sebesar 13,5 poin dari siklus I. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui pendekatan kontekstual dengan menggunakan media alam dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X SMA Moh Husni Thamrin Tangerang Selatan.