Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kesesuaian pelaksanaan kebijakan pemunuhan standar sarana dan prasarana di TK Nursabila di Kecamatan Sindangjaya dengan Standar Permendikbud Nomor 137 serta mengetahui dampak kesenjangan antara pemenuhan standar sarana dan prasarana dengan pelaksanaan penyelenggaraan di TK Nursabila di Kecamatan Sindangjaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluatif. Penelitian evaluatif ini, dilakukan untuk mengevaluasi tentang pemenuhan standar sarana prasarana TK Nursabila di Kecamatan Sindangjaya. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi yang dikembangkan oleh Provus yaitu discrepancy evaluation model. Proses evaluasi dengan menggunakan model evaluasi ini adalah mencari kesenjangan antara standar (keadaan yang seharusnya) dengan kondisi riil yang dilakukan dengan cara membandingkan keduanya. Subjek penelitian adalah TK Nusabila Kecamatan Sindangjaya Kabupaten Tangerang. Hasil penelitian menemukan belum adanya kesesuaian sepenuhnya pada pelaksanaan pemenuhan standar sarana dan prasarana sesuai Permendikbud No. 137 dengan keberadaan sarana dan prasarana yang real berada di TK Nursabila Kecamatan Sindangjaya, hal ini terlihat masih adanya sarana dan prasarana mencapai kategori belum maksimal. Kebijakan dari Permendikbud No. 137 tahun 2014 tentang standar sarana dan prasarana untuk penyelenggaraan PAUD, belum sepenuhnya dipenuhi di TK Nursabila. Dalam standar sarana masih banyak tidak sesuai dengan ukuran yang telah di tentukan dalam ruang dan luas lahan. Hasil evaluasi menghasilkan kesenjangan antara pemenuhan standar sarana dan prasarana dengan Permendikbud No. 135 tahun 2014 dengan keberadaan real sarana dan prasarana yang berada di TK Nursabila tidak sesuai standar dampaknya jumlah peserta didik di TK Nursabila standar tidak ada kenaikan, peningkatannya cenderung berkurang dari tahun ke tahunnya.