Di Jakarta persaingan sekolah menengah kejuruan sangat ketat dan berlomba-lomba mendapatkan peserta didik yang lebih banyak dengan upaya memaksimalkan biaya operasional sekolah, sehingga akan tetap eksistennya di masyarakat. SMK Daarul Uluum salah satu SMK di jakarta yang mengalami penurunan dalam hal penerimaan peserta didik baru, penurunan sekitar 33.7 % pada tahun 2018 lalu sekitar 3.4% menurun lagi pada tahun 2019. Untuk mencari atribut apa saja yang melatarbelakangi keputusan pembelian masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMK Daarul Uluum maka dilakukan pra penelitian terhadap penelitian terdahulu dengan variabel yang sama tetapi variabel tersebut untuk perusahaan bukan sekolah.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasinya adalah sebanyak 475 orang dengan margin error 5% diperoleh sampel penelitian 202 orang. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan inferensial menggunakan analisis jalur untuk menjawab hipotesa penelitian.
Analisis jalur Integrated Marketing Communication terhadap keputusan pembelian sebesar 𝜌31= 0,207 memiliki tingkat korelasi rendah. Analisis jalur brand image terhadap keputusan pembelian sebesar 𝜌32 = 0,529 memiliki tingkat korelasi sedang. Dan analisis jalur Integrated Marketing Communication terhadap brand image sebesar 𝜌21= 0,030 dengan tidak memiliki korelasi. Dari ketiga hipotesis ini berarti H0 ditolak dan H1 diterima.
Berdasarkan perhitungan korelasi antar dimensi, diperoleh dimensi acara dan pengalaman. pada variabel Integrated Marketing Communication memiliki tingkat pengaruh yang lebih tinggi terhadap variabel keputusan pembelian sebesar 0,292, lalu dimensi keunggulan asosiasi merk pada variabel brand image juga memiliki tingkat pengaruh yang lebih tinggi terhadap variabel keputusan pembelian 0,536 Dan dimensi pemasaran langsung di variabel Integrated Marketing Communication memiliki pengaruh yang tinggi terhadap dimensi keunggulan asosiasi merk pada variabel brand image sebesar 0,195.
Untuk meningkatkan keputusan pembelian masyarakat agar menyekolahkan anaknya di SMK Daarul Uluum harus memaksimalkan website sehingga tampilan menarik, memiliki sistem navigasi yang bagus, konten relevan tentang sekolah. Kemudian membuat brand image tentang karakter siswa, sekolah harus membuat program pembentukan karakter yang baik serta meningkatkan kualitas pembelajaran siswa dengan menggunakan model atau metode pembelajaran yang efektif dan efesien dengan konsep pembelajaran yang menyenangkan.
|