Tesis ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh
metode pembelajaran case-based learning dan penalaran siswa terhadap kepuasan
belajar matematika siswa SMK Uswatun Hasanah. Penelitian ini dilaksanakan di
SMK Uswatun Hasanah semester ganjil Tahun ajaran 2020-2021. Metode
penelitian yang digunakan adalah survey kausal dengan pendekatan kuantitatif.
Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk skala Likert.
Populasi sebagai unit analisis penelitian adalah siswa kelas XI dan XII di SMK
Uswatun Hasanah Jakarta sebanyak 135 orang. Sampel penelitian menggunakan
teknik proportional random sampling sebanyak 101 orang.
Uji intrumen dengan uji validitas pada variabel kepuasan belajar
matematika terdapat 13 butir valid dari 20 butir yang diujikan, variabel metode
pembelajaran case-based learning terdapat 13 butir valid dari 15 butir yang
diujikan, dan variabel penalaran siswa 11 butir valid dari 15 butir yang diujikan.
Uji persyaratan yakni uji normalitas dengan uji Lilliefors pada kepuasan belajar
matematika diperoleh Lhitung sebesar 0,046 , metode pembelajaran Lhitung sebesar
0,038 , dan penalaran siswa Lhitung sebesar 0,070 serta uji linearitas regresi
kepuasan belajar matematika atas metode pembelajaran case-based learning
diperoleh probabilitas sig 0,573, kepuasan belajar matematika atas penalaran
siswa diperoleh probabilitas sig 0,508, dan penalaran siswa atas metode
pembelajaran case-based learning diperoleh probabilitas sig 0,591.
Pengujian hipotesis dengan menggunakan regresi dan korelasi linear
sederhana serta analisis jalur Pada uji regresi dan korelasi sederhana untuk
kepuasan belajar matematika atas metode pembelajaran case-based learning
diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 6,570, kepuasan belajar matematika atas metode
pembelajaran case-based learning diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 2,131, dan kepuasan
belajar matematika atas metode pembelajaran case-based learning diperoleh
𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 2,949. Pengaruh tersebut di uji dengan analisis jalur untuk kepuasan
belajar matematika atas metode pembelajaran case-based learning diperoleh p
sebesar 2,541, kepuasan belajar matematika atas penalaran siswa diperoleh p
sebesar 0,271, dan penalaran siswa atas metode pembelajaran case-based
learning diperoleh p sebesar 0,284. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh signifikan metode pembelajaran case-based learning dan
penalaran siswa terhadap kepuasan belajar matematika siswa SMK Uswatun
Hasanah Jakarta.
|