Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Penggunaan Google Classroom dan Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Metode yang dilakukan adalah menggunakan metode survei dengan menggunakan Google Formulir, penelitian ini dilakukan di SMP Bangun Nusantara di Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang dan sampel yang diambil sebanyak 35 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Instrumen berupa kuesioner dan tes. Hasil penelitian menunjukkan hasil hipotesis pertama nilai koefisien korelasi antara penggunaan google classroom terhadap hasil belajar matematika siswa diperoleh sig-value 0,111> 0,05 dengan demikian H0 diterima dan hasil koefisien determinasi atau rhitung sebesar 0,274 dapat dinyatakan bahwa tidak ada hubungan antara penggunaan google classroom terhadap hasil belajar matematika siswa dengan derajat hubungan korelasi rendah dan bentuk hubungan yang positif. Hipotesis kedua hasil koefisien korelasi diperoleh sig-value 0,011 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan hasil koefisien determinasi atau rhitung sebesar 0,427 dapat dinyatakan bahwa terdapat terdapat hubungan antara self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa
mempunyai derajat hubungan korelasi sedang dan bentuk hubungan yang positif. Hipotesis ketiga nilai koefisien korelasi sig F 0,035 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,435 dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan google classroom dan self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa dengan derajat hubungan kuat dengan arah positif, sedangkan nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,189artinya kontribusi kemampuan penalaran matematis 18,9% dapat diprediksi berdasarkan penggunaan google classroom dan self efficacy,
sedangkan sisanya yaitu 81,1% dapat diprediksi dari faktor yang lain.
|