Tesis ini bertujuan untuk merancang rencana pembelajaran yang efektif
meningkatkan kemampuan HOTS siswa dengan menggunakan media papan pintar multifungsi serta membandingkannya dengan kelas yang menggunakan media powerpoint, di kelas 6 SD Al-Azhar Syifa Budi Cibubur-Cileungsi. Hipotesis penelitian ini adalah Peningkatan kemampuan HOTS siswa yang melakukan pembelajaran IPA dengan menggunakan media papan pintar multifungsi lebih tinggi dibandingkan dengan yang melakukan pembelajaran IPA dengan menggunakan media powerpoint. Penelitian dilakukan dengan populasi siswa SD Al-Azhar Syifa Budi Cibubur- Cileungsi sampel untuk design research ditentukan dengan teknik non probability sampling (non random sampling) yaitu dengan cara purposive sampling Untuk eksperimen sampel ditentukan dengan teknik Probability sampling (random sampling) yaitu dengan
dengan cara cluster sampling. Metode yang digunakan adalah gabungan design research dengan quasi eksperimental design desain penelitian Pre test-post test control grup design. Pengumpulan data menggunakan soal pre test dan post test, skala likert, lembar observasi dan wawancara. Independent Sample t-test dengan bantuan program SPSS 21 digunakan untuk menganalisis pre test kedua kelas, hasilnya nilai signifikansi (2-tailed) 0,973. Hasil terhadap gain diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000. t-test sample related digunakan untuk menguji pre test dan post test, hasil uji untuk kelas eksperimen nilai
signifikansi (2-tailed) 0,000 dan kelas kontrol nilai signifikansi (2-tailed) 0,000.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Rancangan pembelajaran berbantuan
papan pintar multifungsi yang digunakan dalam penelitian ini dapat lebih baik
meningkatkan keseluruhan aspek kemampuan HOTS siswa dibandingkan dengan
pembelajaran berbantuan media powerpoint. Siswa dapat terlibat aktif dalam
pembelajaran. Pemilihan media yang tepat menjadi sebuah langkah startegis yang menentukan keberhasilan suatu rancangan pembelajaran berbasis HOTS.
|