Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, mengembangkan dan membuktikan pengetahuan, sedangkan tujuan khususnya adalah mengungkapkan dan menganalisis pelaksanaan program tahfiz, prosedur penyelenggaraannya, ketenagaan, sarana prasarana, proses pembelajarana, hasil dan dampak pelaksanaan program tahfiz Al Qur’an di Sekolah Dasar Islam Asshafa. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model DEM (Discrepancy Evaluation Model). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Instrumen
penelitian terdiri dari Kepala SD Islam Asshafa, Wakil Kurikulum, Koordinator Tahfiz, Guru Tahfiz. Dan Komite SD Islam Asshafa. Teknik analisis data dengen reduksi data (memilih dan memilah data), display data (menampilkan data), mengambil kesimpulan dan verifikasi hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1)Kesesuaian program dengan standar program yang meliputi kurikulum, pembiayaan, sarana prasarana, dan peran serta orangtua diimplementasikan dengan baik, (2) Program tahfiz di SD Islam Asshafa sudah terencana dengan baik, mulai dari program tahunan, program semester,
penjadwalan, target hafalan, sampai metode yang akan dipakai dalam pembelajaran, (3) Program tahfiz di SD Islam Asshafa sudah memiliki sistem evaluasi penilaian yang cukup baik untuk siswa, (4) Hasil implementasi program tahfiz Al Qur’an di SD Islam Asshafa berkaitan dengan kurikulum yang sudah sesuai dengan diharapkan, kepala sekolah melalui wakil kepala sekolah bidang kurikulum dapat melaksanakan perencanaan , pengorganisasian, pengawasan, dan pengontrolan terhadap guru tahfiz dan siswa dapat mengikuti dengan baik program ini. Kelebihan dari program tahfiz Al Qur’an di SD Islam Asshafa adalah kebijakan–kebijakan program dan komitmen dalam melaksanakannya dalam upaya menciptakan generasi Rabbani yang mencintai Al Qur’an dan berakhlak
Qur’ani.
|