Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan multikultural di sekolah dasar Cinta Kasih Tzu Chi, mencakup (1) gambaran sekolah dasar Cinta Kasih Tzu Chi di kecamatan Cengkareng, (2) pandangan guru di sekolah dasar tentang multikultural sebagai pendekatan pembelajaran, (3) praktik pembelajaran pendekatan multikultural dan (4)pendekatan multikultural sebagai upaya penguatan karakter dan pencegahan perilaku konflik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Penelitian yang dilakukan pada saat dan setelah pengumpulan data yang dilakukan scara intraktif dan berlangsung sampai tuntas. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar Tzu Chi pada kelas V. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah dan Guru kelas V. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi yang relevan dari informan terpercaya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) gambaran sekolah dasar Cinta Kasih Tzu Chi di kecamatan Cengkareng merupakan sekolah dasar yang memiliki fasilitas baik serta memiliki keunikan seperti keberagaman guru dan keberagaman latarbelakang siswa (2) soft skill pendekatan multikultural sangat bagus sekali karena dalam proses pembelajaran peserta didik menjadi lebih saling menghargai, saling mengerti dan saling peduli terhadap peserta didik lainnya (3) praktik pembelajaran pendekatan multikultural seperti kerja kelompok, diskusi dan kerjasama, materi belajar yang berkaitan dengan tema multikultural, sikap adil guru terhadap semua peserta didik (4) pendekatan multikultural dapat menguatkan karakter peserta didik, mereka dapat menghargai perbedaan, toleransi, serta menghargai agama teman-temannya. Saling memahami keberagaman dapat saling menghargai dan menghormati antar sesama merupakan upaya pencegahan perilaku konflik.