Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif terhadap hasil belajar Matematika pada materi perkalian dan
pembagian pecahan di kelas 5 MI Pembangunan UIN Jakarta ditinjau dari
kecerdasan numerik. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen
yaitu dengan melakukan (treatment) dengan rancangan desain treatment by level 2 x 3. Variabel bebasnya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan jigsaw dan kecerdasan numerik tinggi, sedang dan rendah. Sasaran penelitian dalam populasi ini adalah seluruh siswa kelas 5 MI Pembangunan UIN Jakarta yang beralamat di di Jl. Ibnu Taimia IV Kompleks UIN Jakarta. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji perbedaan dibantu dengan menggunakan program excel dan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan dalam uji hipotesis hasil belajar Matematika. Diketahui Nilai thitung sebesar 4,478, mengacu pada nilai ttabel pada rumus (α/2);(df) sama dengan (0,05/2) ; (98) adalah 2,000. Dengan demikian nilai thitung sebesar 4,478 > ttabel, 2,000 maka berdasarkan dasar pengambilan keputusan melalui perbandingan nilai thitung dengan ttabel dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang berarti hasil belajar Matematika kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) lebih tinggi dari pada siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw
|