Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik dan disposisi matematis siswa terhadap pemahaman konsep matematis siswa, serta mengetahui interaksi pembelajaran matematika realistik dan disposisi matematis siswa terhadap pemahaman konsep matematis siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2, berdasarkan tingkat disposisi matematis siswa (tinggi-rendah). Penerapan cluster random sampling dari 3 kelas V SDN Gandaria Utara 03 Jakarta Selatan, diperoleh kelas VA (kelas eksperimen) yang diberikan pembelajaran matematika realistik dan disposisi matematis siswa, dan kelas VB (kelas kontrol) yang diberi pembelajaran ekspositori. Data yang diperoleh melalui soal pemahaman konsep matematis serta angket disposisi matematis siswa yang telah memenuhi validitas dan realibilitas. Berdasarkan hasil analisis data uji ANOVA dua arah dengan bantuan SPSS 24 diperoleh bahwa; (1) pengaruh pembelajaran matematika realistik dan disposisi matematis siswa memberikan hasil terhadap pemahaman konsep matematis siswa lebih tinggi secara signifikan, (2) pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran matematika realistik lebih baik dibandingkan siswa dengan pembelajaran ekspositori, (3) tidak terdapat pengaruh disposisi matematis siswa terhadap pemahaman konsep matematis siswa, (4) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran matematika realistik dan disposisi matematis siswa terhadap pemahaman konsep matematis siswa SD. Pembelajaran matematika harus berpusat kepada siswa dengan memanfaatkan benda konkrit yang ada dilingkungan sekitar dan disposisi matematis siswa dapat membantu siswa mengatasi rasa ketakutan dalam belajar matematika, sehingga matematika terasa yang menyenangkan dan mudah.