Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan
pemahaman konsep dan komunikasi matematis siswa yang diberi perlakuan
melalui pendekatan RME dengan zoom meeting, dan pendekatan ekspositori
melalui google classroom terhadap siswa yang memiliki motivasi berprestasi
tinggi dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Penelitian
dilaksanakan di SD Negeri Cipayung, Sukmajaya Depok pada kelas V semester
ganjil tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan Quasi
Experimental dengan desain penelitian Randomized Control Group Posttest
Design. Sampel pada penelitian ini sebanyak 48 siswa dengan teknik cluster
random sampling. Treatment yang dilakukan guru pada kelas eksperimen menggunakan Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) disesuaikan dengan prinsip-prinsip RME melalui zoom meeting atau video conference. Sedangkan, treatment yang dilakukan guru menggunakan pendekatan Ekspositori dengan google classroom. Instrumen penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis serta angket. Instrumen diuji validitas dan reliabilitas menghasilkan instrumen yang valid dan reliabel. Uji prasyarat analisis dilakukan dalam penelitian ini dengan uji chi square dan uji homogenitas bartlett. Setelah diberi perlakuan, kemudian dianalisis dan didapat hasil untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan berdistribusi homogen. Hasil analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalur dengan taraf 1% dan didapat kesimpulan Pertama, Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan motivasi tinggi melalui pendekatan RME zoom meeting dan pendekatan ekspositori google classroom. Kedua, Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa dengan motivasi rendah melalui pendekatan RME zoom meeting dan pendekatan ekspositori google classroom. Ketiga, Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan motivasi tinggi melalui pendekatan RME zoom meeting dan pendekatan ekspositori google classroom. Keempat, Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan motivasi rendah melalui pendekatan RME zoom meeting dan pendekatan ekspositori google classroom. Kelima, Tidak terdapat pengaruh interaksi antara kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis terhadap siswa yang memiliki motivasi berprestasi tingkat tinggi dan siswa yang memiliki motivasi berprestasi tingkat rendah.
|