Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program tahfidz Al-Qur’an SMAIT Buahati. Objek penelitian adalah Lembaga Formal Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Buahati di Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi CIPPO dan tipe penelitian deskriptif. Informan penelitian yakni kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa, program tahfidz Al-Qur’an SMAIT Buahati dilihat dari aspek Context sangat baik dilihat dari indikator tujuan dan visi-misi sekolah, aspek input bernilai baik dilihat dari indikator kemampuan siswa, kualitas guru, dan ketersediaan sarana-prasarana, begitu pula dengan aspek process bernilai baik dilihat dari indikator perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran, aspek product bernilai baik berdasarkan indikator hasil yang diperoleh siswa selama mengikuti program tahfidz Al-Qur-an, outcomes bernilai baik dilihat dari kebermanfaat program yang dirasakan oleh siswa dan lingkungan sekitar. Jadi, secara keseluruhan hasil evaluasi program tahfidz Al-Qur’an di SMAIT Buahati bernilai sangat baik dengan presentase 93% (sembilan puluh tiga persen).