Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kualitatif validitas item dan
kesesuaian domain kognitif (LOTS dan HOTS) intrumen penilaian pada mata pelajaran IPA yang dibuat oleh guru Sekolah Dasar di Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif melalui analisis hasil observasi, dokumen berupa instrumen penilaian buatan guru,
wawancara, dan hasil validasi pakar. Hasil observasi menunjukan bahwa semua sekolah menggunakan soal-soal yang tersedia dalam buku paket yang dimiliki oleh siswa untuk penilaian dan hasil analisis instrumen penilaian buatan guru yang divalidasi oleh pakar terdapat 81,25 % butir soal termasuk dalam kategori LOTS sedangkan18,75 % termasuk dalam kategori HOTS. Temuan hasil wawancara terdapat 7 guru sudah mengikuti pelatihan penyusunan instrumen berbasis HOTS namun mengalami kendala dalam implementasinya dan 1 guru belum mengikuti pelatihan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) Instrumen yang digunakan oleh guru Sekolah Dasar di Jakata Timur sudah memenuhi validitas konten, 2) Domain kognitif (LOTS & HOTS) pada instrumen yang digunakan oleh guru Sekolah Dasar sudah proposional 3). Kualitas penilaian yang dilakukan oleh guru Sekolah Dasar di Jakarta Timur sudah baik dengan
catatan perbaikan, 4) Implementasi penilaian yang dilakukan oleh guru sekolah dasar di Jakarta Timur sudah mengikuti standar penilaian yang diberikan oleh pemerintah Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat sebagai salah satu informasi bagi guru tentang pentingnya pemahaman penyusunan instrumen penilaian berbasis LOTS dan HOTS sehingga dapat menciptakan penilaian yang berkualitas dengan harapan tujuan yang hendak dicapai dalam proses pembelajaran dapat dicapai dengan baik.
|