Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengevaluasi bagaimana Implementasi dan keberhasilan Program Adiwiyata yang telah dilaksanakan oleh Sekolah Dasar Negeri Pasar Baru 1 Kota Tangerang Banten dengan menggunakan model evaluasi Kesenjangan (Discrepancy Evaluation Model), melalui komponen-komponen Program Adiwiyata yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Program Adiwiyata. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan memperoleh data secara ilmiah meliputi pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, ketua komite sekolah, tim adiwiyata dan guru. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Visi, misi dan tujuan Sekolah Dasar Negeri Pasar Baru 1 Kota Tangerang Banten telah sesuai dengan landasan kebijakan dari kriteria standar Pemerintah (2) Kesiapan sumber daya manusia dalam menyusun dan merancang pembelajaran yang terkait dengan PPLH sebagian sudah memenuhi kriteria-kriteria yang terdapat pada Standar Program Adiwiyata (3) Proses Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar Negeri Pasar Baru 1 Kota Tangerang Banten sudah berjalan dengan baik yaitu warga sekolah ikut terlibat aktif dalam pelaksanaan Program Adiwiyata (4) Ketercapaian hasil dari Implementasi Program Adiwiyata yaitu Sekolah Dasar Negeri Pasar Baru 1 Kota Tangerang Banten telah berhasil meraih piagam penghargaan tingkat Kota pada tahun 2013 dan tingkat Provinsi pada tahun 2016. Sebagai tindak lanjut, sekolah sedang dalam proses menuju Sekolah Adiwiyata Nasional. Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah ini sudah cukup baik dalam menanamkan karakter peduli lingkungan terhadap warga sekolah, meskipun terdapat kesenjangan pada beberapa indikator keberhasilan Program Adiwiyata.