Penelitian ini berujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis pelaksanaan
program tahfidz, prosedur penyelengaraan, ketenagaan, sarana dan prasarana,
proses pembelajaran, hasil dan dampak pelaksanaan program tahfidzdi IGBS
Darul Marhamah. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan
menggunakan model CIPP (context, input, Proses, produk. Pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian
ini terdiri dari Kepala Kepesantrenan dan Bidang Kurikulum Kepesantrenan.
Teknik analisis data dengan reduksi (memilih dan memilah data), display data
(menampilkan data), mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian
dadapat disimpulkan sebagai berikut : (1) landasan filososfis, tujuan program
tahfidz dalam katagor baik. (2) Kepemimpinan Kepala Kepesantrenan dan
Kurikulum Program tahfidz, karakteristik tenaga pendidik, sarana dan prasarana,
pembiayaan dalam katagori baik. (3) Proses belajar mengajar mulai dari
perencanaan, pelaksanaan, penilaian dalam keadaan baik. (4) hasil pelaksanaan
program tahfidz dan dampak pelaksanaan program tahfidz dalam katagori baik.
Kelebihan dari program tahfidz Al – Qur’an di IGBS Darul Marhamah ialah
kebijakan program dalam melaksanakannya dan upaya menciptakakan generasi
yang mencintai Al – Qur’an dan berakhlak Qur’ani
|