Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi kurikulum 2013 PAUD yang diselenggarakan TKIT Nurul Izzah berdasarkan Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 tentang kurikulum 2013 PAUD, khususnya terkait perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan kurikulum 2013 PAUD di TKIT Nurul Izzah dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan (Discrepancy Model Evaluation).
Metode yang digunakan adalah metode evaluasi dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah TKIT Nurul Izzah, para guru, dan ketua komite.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesenjangan yang terjadi dalam perencanaan kurikulum 2013 PAUD di TKIT Nurul Izzah yaitu, diperlukan pedoman-pedoman dalam penyusunan KTSP, dalam pendokumentasian KTSP sebaiknya diberikan penjelasan kurikulum yang digunakan dan modifikasi kurikulum sehingga terlihat ciri khas kurikulum sekolah, selain itu dapat dipajang dalam mading kekhasan sekolah. Kesenjangan dari pengorganisasian kurikulum 2013 PAUD, diantaranya pada alokasi waktu/beban belajar yang digunakan melebihi dari standar minimal yang ditentukan yaitu 1350 menit setiap minggu namun hal ini menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi sekolah, kalender pendidikan sudah menyesuaikan dengan aturan yang ditetapkan dan disosialisasikan kepada orang tua serta dipajang di mading sekolah. Selain itu, kesenjangan pelaksanaan kurikulum 2013 PAUD di TKIT Nurul Izzah telah memiliki visi, misi, dan tujuan pendidikan namun tidak disosialisasikan kepada warga sekolah, misalnya dengan dipajang di dinding sekolah. Pendokumentasian dokumen II KTSP sebaiknya dikelola dengan baik sehingga terorganisir dengan baik.
|