Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis pelaksanaan
program al Islam, kemuhammadiyahan dan bahasa Arab kegiatan tahfizh AL Qur’an, prosedur penyelenggaraan, ketenagaan, sarana dan prasarana, proses pembelajaran tahfizh tahsin, hasil dan dampak pelaksanaan program al Islam, kemuhammadiyahan dan bahasa Arab di SDS Muhammadiyah 4 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (context, input, proses, produk). Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Koordinator ISMUBA, Tenaga Pendidik, dan Orangtua Alumni. Teknik analisis data dengan reduksi (memilih dan memilah data), display data (menampilkan data), mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) landasan filosofis, tujuan program al Islam, kemuhammadiyahan dan bahasa Arab dalam kategori baik. (2) Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Koordinator ISMUBA, karakteristik tenaga pendidik, sarana dan prasarana, pembiayaan dalam kategori baik. (3) Proses belajar mengajar mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penilaian dalam keadaan baik. (4) Hasil pelaksanaan program al Islam, kemuhammadiyahan dan bahasa Arab kegiatan tahfizh Al Qur’an dalam kategori baik. Kelebihan dari program al Islam, kemuhammadiyahan dan bahasa Arab kegiatan tahfizh Al Qur’an di SDS Muhammadiyah 4 Jakarta ialah kebijakan program dalam melaksanakannya dan upaya menciptakan generasi yang berkarakter islami.
|