Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa efektifitas proses rekrutmen yang selama ini dijalankan oleh bagian Rekruitment dan Basic Training di Divisi Cards and Payment untuk Personal Financial Services & Digital Bank di Bank XYZ di Jakarta khusus untuk posisi Direct Sales Agent kartu kredit. Bagaimana penerapan proses rekrutmen dan sejauhmana efektifitas proses rekrutmen yang dilakukan saat ini, apa keunggulan dan kelemahan dari proses yang ada saat ini, serta apa saja hambatan yang dihadapi dalam menjalankan proses rekrutmen ini, serta apa yang dapat direkomendasikan agar efektifitas semakin tinggi.
Untuk dapat menganalisa semua pertanyaan diatas ini, maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang didukung oleh interview dan observasi mendalam kepada para informan disetiap tahapan yang ditentukan berdasarkan purposive sampling untuk seluruh pihak yang terlibat dalam proses rekrutmen tersebut. Proses rekrutmen ini menjadi menarik untuk diteliti dikarenakan kebutuhan akan pemenuhan posisi Direct Sales Agent kartu kredit ini terbilang banyak dan dilakukan secara reguler dengan jumlah calon tenaga sales kartu kredit yang juga banyak sehingga membuat aktifitas rekrutmen di Bank XYZ tidak pernah sepi.
Rangkaian setiap proses diatur dan disusun sedemikian rupa sehingga mengakomodir kebutuhan bisnis dan regulasi industri finansial/perbankan/keuangan. Untuk setiap tahapan memiliki data tersendiri yang dapat di analisa efektifitasnya. Data yang didapatkan dari seluruh proses rekrutmen cukup membuktikan apakah proses rekrutmen yang dilakukan saat ini sudah masuk kategori efektif atau belum, melalui rumus general efektifitas. Dari hasil interview, observasi, serta data yang didapatkan selama penelitian berlangsung dapat memotret kondisi dari proses rekrutmen itu sendiri yang berhasil diformulasikan melalui faktor internal dan eksternal dan dituangkan di matriks SWOT.
Berdasarkan kompilasi data yang lengkap selama proses rekrutmen berlangsung disetiap tahapan yang tersedia maka keunggulan dan hambatan yang memerlukan perhatian khusus dapat di rekomendasikan untuk dapat meminimalisir durasi waktu dan prosesnya sehingga dapat mendukung Service Level Agreement di bagian Recruitment dan Basic Training.
|