Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Project Based Learning (PjBL) yang efektif dalam upaya meningkatkan keterampilan abad 21, khususnya komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan kreatif (4C). Metode penelitian yang digunakan adalah Reseach and Development dengan langkah-langkah ADDIE analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif pada penelitian ini diperoleh dari masukan Litbang sekolah, Kepala Sekolah dan Tim Guru Kelas IV mengenai pengembangan model PjBL, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi pengembangan model dan perangkat PjBL, keterlaksanaan model PjBL, hasil penilaian proyek drama pada tahap satu dan dua, hasil observasi guru, penilaian antara teman dan penilaian diri sendiri terhadap keterampilan 4C. Penelitian pengembangan diuji oleh validator dan diimplementasikan dalam dua tahap PjBL dengan proyek mini drama di tahap satu dan drama besar di tahap dua. Penelitian ini menghasilkan: keterlaksanaan dan perangkat PjBL diperoleh data sangat baik; proyek mini drama tahap satu mendapat nilai baik dan tahap dua mendapat nilai sangat baik serta mendapatkan tanggapan positif dari angket audiens; hasil observasi guru, penilaian antar siswa dan penilaian diri terhadap keterampilan 4C siswa efektif meningkat dari tahap satu ke tahap dua. Hal ini menunjukkan bahwa model PjBL layak digunakan dalam pembelajaran di kelas.