Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan peringatan kesehatan
bergambar pada kemasan rokok terhadap intensi berhenti merokok Mahasiwa
Universitas Pamulang. Desain Penelitian ini menggunakan analitik kuantitatif
dengan metode cross sectional dilengkapi kualitatif dengan responden yaitu
Mahasiswa Universitas Pamulang berjumlah 100 responden. Penelitian ini
dilakukan pada bulan Desember 2019 – Januari 2020. Analisis data menggunakan
analisis univariat, analisis bivariat dan analisis multivariat. Hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara Presepsi terhadap Pesan Kesehatan Bergambar dengan intensi berhenti merokok, hal ini ditunjukkan dengan
nilai p-value: 0,000 dan nilai OR 43,5; terdapat hubungan yang signifikan antara
pengetahuan dengan intensi berhenti merokok dengan nilai p-value: 0,000 dan nilai OR 75,6; tidak terdapat hubungan yang signifikan antara lingkungan dengan intensi berhenti merokok yang ditunjukkan dengan nilai p-value: 0,268 (p >0,05) dan nilai OR 0,416 dan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku dengan intensi berhenti merokok karena p-value: 0,405 (p >0,05) dan nilai OR 0,575. Implikasi dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman pesan akan bahaya merokok yang terdapat dalam kemasan rokok terhadap intensi berhenti merokok. Maka perlu dilakukan pendekatan seperti penyuluhan dan seminar tentang bahaya merokok agar tingkat konsumsi rokok di Indonesia dapat berkurang.
|