Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis, menguji dan mengetahui: (1) Implementasi learning from home di Korwil Pendidikan Pinang Kota Tangerang. (2) Kendala Implementasi learning from home di Korwil Pendidikan Pinang Kota Tangerang. (3) Dampak Learning From Home (LFH) pada kinerja mengajar guru saat masa pandemi Covid-19 di Korwil Pendidikan Pinang Kota Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja mengajar guru dengan sistem online pada masa pandemi di Korwil Pendidikan Pinang Kota Tangerang, maka objek penelitian itu sendiri adalah kinerja mengajar guru dengan menggunakan asesmen kinerja. Jika ditinjau dari tujuan tersebut, maka penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan (field research), karena peneliti langsung menggali data di lapangan. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa, model pembelajaran online (daring) di Sekolah Dasar Korwil Pinang kota Tangerang yaitu kepala sekolah mengambil tindakan langsung untuk menanggapi anjuran pemerintah dengan melakukan pembelajaran online. Aplikasi yang paling banyak dan efektif digunakan oleh guru yaitu aplikasi Whatsapp, aplikasi Zoom dimanfaatkan untuk melakukan pembelajaran menggunakan Video Conference, Google Form digunakan guru untuk melakukan evaluasi kepada siswa setelah disampaikannya materi pelajaran, dan Voice Note juga digunakan untuk beberapa mata pelajaran. Rata-rata kinerja guru dalam mengajar dengan sistem learning from home secara keseluruhan sebesar 55,4% dari kinerja maksimal para guru dengan kategori cukup baik. Permasalahan yang dialami saat proses belajar secara learning from home (online) antara lain adalah kekuatan sinyal yang kurang stabil, paket data internet yang kurang memadahi, kebiasaan untuk melakukakan pembelajaran daring hingga permasalahan siswa yang juga merasa jenuh akan pembelajaran daring, mereka mereka bosan dengan pemberian tugas setiap harinya. Peserta didik juga menjadi malas dalam mengerjakan tugas, hal tersebut menjadikan pengumpulan tugas menjadi sangat terlambat sehingga menjadikan guru sulit melakukan penilaian.