Abstrak  Kembali
ABSTRAK ABDUL KHAMID, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Konsep Diri Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru di SMK Bandara Kota Tangerang, Tesis Magister Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru, seberapa besar pengaruh Konsep Diri Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru maupun seberapa besar pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan konsep diri terhadap kepuasan kerja guru secara simultan. Hipotesis penelitian yang diuji adalah : (1) terdapat pengaruh langsung Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru, (2) terdapat pengaruh langsung konsep diri terdapat Kepuasan Kerja Guru, (3) terdapat pengaruh Kepemimpinan Sekolah terhadap konsep diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui survey dengan pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis). Pengolahan data dengan teknik deskriptif analisis. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SMK Bandara Kota Tangerang sebanyak 200 orang secara fokus dipilih 3 SMK sebagai sampel penelitian yang diambil dengan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel 70 orang guru. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah, Konsep Diri dan Kepuasan Kerja Guru adalah angket model skala likert. Sebelum dilakukan penelitian dilakukan uji coba instrumen terhadap 30 orang guru. Keterandalan instrumen dihitung dengan metode Alpha Crombach, dengan hasil uji coba untuk variabel tersebut yaitu (a) Kepuasan Kerja Guru telah diperoleh nilai reliabilitas r = 0,668, (b) Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki reliabilitas r = 0,645, dan Konsep Diri memiliki nilai reliabilitas r = 0,678, sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh instrumen dinyatakan sangat reliabel, kemudian data di analisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : pertama, terdapat pengaruh langsung dan signifikan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Kepuasan Kerj Guru (X3) dengan persamaan regresi terlihat X3 = 20,407 + 0,79 X1 koefisien determinasi sebesar 0,4462 atau 44,62 %, dan koefisien korelasi (r13) sebesar 7,402 pada taraf ? = 0,05, kedua, terdapat pengaruh langsung dan signifikan Konsep Diri Guru (X2) terhadap Kepuasan Kerja Guru (X3) dengan persamaan regresi terlihat X3 = 20,050, + 0,827 X2 koefisien determinasi sebesar 0,4597 atau 45,97 %, dan koefisien korelasi (r23) sebesar 57,80 pada taraf ? = 0,05, ketiga, terdapat pengaruh langsung dan signifikan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terdapat Konsep Diri Guru (X2) dengan persamaan regresi terlihat X2 = 36,744 + 0,648 X1 koefisien determinasi sebesar 0,4362 atau 43,62 % dan koefisien korelasi (r12) sebesar 0,668 pada taraf ? = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan akan berguna bagi peningkatan kualitas Kepuasan Kerja Guru untuk keberhasilan bagi proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru melalui kontribusi yang sangat besar terhadap model kepemimpinan yaitu pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Konsep Diri Guru yang berada di lingkungan tempat bekerja yaitu lingkungan sekolah. Berdasarkan realita yang penulis analisa bahwa disarankan kepada kepala sekolah agar dapat menciptakan kapuasan kerja terhadap bawahannya dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.