Tesis ini dengan judul “Evaluasi Implentasi Program Ekstrakurikuler Pramuka Di MI Al-Khairiyah Pagi Mampang Jakarta Selatan”. Penelitian evaluasi implementasi program ekstrakurikuler bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian tentang bagaimana pencapaian program dari pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler wajib Pramuka. Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh kondisi kurang efisiensinya kegiatan ekstrakurikuler wajib Pramuka, dan peranan guru-guru dalam memotivasi kegiatan dalam pelaksanaan kegiatan yang berlangsung dalam setiap pekannya dirasa kurang maksimal dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini meliputi instrument penelitian pihak-pihak yang berkegiatan di sekolah terutama peserta didik sebagai obyek utama dalam penyelenggaraan program kegiatan ekstrakurikuler wajib Pramuka sesuai anjuran Pemerintah. Penentuan informasi dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sementara Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dengan para informan, pengambilan dokumentasi sebagai data, serta penelitian menggunakan teknik triangulasi, yang menyertakan utility standar. Selanjutnya Teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, metode, pembahasan dengan teman sejawat dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan program “Evaluasi Implentasi Program Ekstrakurikuler Pramuka Di MI Al-Khairiyah Pagi Mampang Prapatan Jakarta Selatan” kurang efektif dan perlu perbaikan dan pembenahan dalam pelaksanaan program kegiatan ekstrakurikuler wajib Pramuka.
|