Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji Hubungan antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Sekolah Dengan Motivasi Kerja Guru TK Aisyiyah di Jakarta Timur. Penelitian dilakukan di tujuh belas (17) sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode survei kausal dengan teknik pendekatan korelasional. Pengumpulan data menggunakan teknik random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah guru yang bertugas di tujuh belas TK Aisyiyah di Jakarta Timur. Kemudian populasi target dalam penelitian ini sebanyak 143 orang dan sampel yang digunakan menggunakan rumus Slovin untuk menggunakan populasi terjangkau, sehingga guru yang dijadikan sampel adalah 111 orang. Hipotesis dalam penelitian ini, untuk menguji apakah 1) Terdapat hubungan positif antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X₁) dengan motivasi kerja guru (Y). 2) Terdapat hubungan positif antara budaya organisasi sekolah (X₂) dengan motivasi kerja guru (Y) dan 3) Akhir penelitian ini untuk menguji hubungan positif antara variabel, bebas Kepemimpinan Transformasi Kepala Sekolah (X₁) dan budaya organisasi sekolah (X₂) dengan Motivasi Kerja Guru (Y) TK Aisyiyah di Jakarta Timur. Uji coba instrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan alpha cronbach. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X₁) dan motivasi kerja guru (Y) memperoleh persamaan regresi persamaan regresi Yˆ = 117,618 + 1,09 X1 koefisien korelasi ryl = 0,37, koefisien Determinasi (ryl)² = 13,69% pada taraf signifikasi α = 0,05, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan budaya organisasi sekolah (X₂) dan motivasi kerja guru (Y) memperoleh persamaan regresi Yˆ = 106,18 + 0,29 X2, koefisien korelasi ry₂ = 0,27, koefisien determinasi (ry₂)² = 7,29%, pada taraf signifikasi α = 0,05, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X₁) dan budaya organisasi sekolah (X₂) terhadap motivasi kerja guru (Y) memperoleh persamaan regresi Y = 58,82 + 0,34 X₁ + 0,31 X₂, koefisien korelasi ry₁₂ = 0,16, koefisien determinasi = 37% pada taraf signifikasi α = 0.05.