Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hubungan antara
kepemimpinan kepala sekolah dengan tingkat kualitas pelayanan pendidikan, (2) untuk mengetahui kompetensi guru dengan tingkat kualitas pelayanan pendidikan, dan (3) untuk mengetahui hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersama-sama dengan tingkat kualitas pelayanan pendidikan. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan tingkat kualitas pelayanan pendidikan, (2) terdapat hubungan positif antara kompetensi guru dengan tingkat kualitas pelayanan pendidikan, (3) terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru secara bersama-sama
dengan tingkat kualitas pelayanan pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Islam Al Azhar Kota Bekasi. Jumlah populasi gurunya adalah 95 guru dengan tingkat kesalahan 10% besarnya sampel adalah 49 diperoleh berdasarkan Rumus Slovin. Penentuan sampling penelitian ini dengan
sampel probabilitas sampling. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistik korelasi sederhana, ganda dan parsial, linearitas, serta regresi sederhana dan ganda. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data tingkat kualitas pelayanan pendidikan (Y), kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan kompetensi guru (X2) adalah angket
model skala Liker (Lima). Validitas ketiga instrumen tersebut diuji menggunakan formula Product Moment, sedangkan Reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel kompetensi guru adalah sebesar r11 = 0,956; hasil uji coba untuk variabel kepemimpinan kepala sekolah adalah sebesar r11 = 0,932 dan hasil uji coba untuk variabel kompetensi guru adalah sebesar r11 = 0,955 .
|