ABSTRAK Sri Hartini Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi dengan Profesionalitas Guru Sekolah Dasar Negeri se-binaan V Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Tesis. Jakarta, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA), 2012. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi dengan Profesionalitas Guru Sekolah Dasar Negeri se- binaan V Kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri se binaan V kecamatan Cipayung, Jakarta Timur dengan menggunakan metode survei. Jumlah sampel 84 orang guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang dimulai tanggal 4 Mei 2012 dengan teknik random sampling sederhana. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yakni regresi dan korelasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur gaya kepemimpinan Kepala Sekolah, budaya organisasi dan profesionalitas guru berupa kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil pengujian reliabilitas diketahui untuk kuesioner gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki koefisien ? = 0,948. Budaya organisasi memiliki koefisien ? = 0,962 dan untuk kuisener profesionalitas guru diperoleh koefisien ? = 0,949. Hasil analisis data disimpulkan (1) terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan profesionalitas guru dengan koefisien korelasi = 0,662. Koefisien determinasi = 0,4382 nilai thitung (7,998) > nilai ttabel (1,99) dan persamaan regresi : ? = 35,886 + 0,694X1. (2) terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara budaya organisasi dengan profesionalitas guru dengan koefisien korelasi = 0,643. Koefisien determinasi = 0,4134 nilai thitung (7,603) > nilai ttabel (1,99) dan persamaan regresi : ? = 31,135 + 0,693X2. (3) terdapat hubungan positif dan sangat signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara bersama-sama dengan profesionalitas guru, dengan nilai korelasi ganda sebesar 0,737 nilai Fhitung (48,07) > Ftabel (3,44) dan persamaan regresi: ? = 11,209 + 0,459X1 + 0,424X2. Dengan hasil demikian maka gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi memiliki hubungan positif dan sangat signifikan dengan profesionalitas guru.
|