Penelitian ini difokuskan pada program pembelajaran Seni Budaya di SMP
Negeri 1 Kota Tangerang. Adapun ruang lingkup evaluasi ini sebagai berikut: 1)
Evaluasi terhadap konteks dalam pelaksanaan program pembelajaran Seni Budaya, 2) Evaluasi terhadap masukan dalam pelaksanaan program pembelajaran Seni Budaya, 3) Evaluasi terhadap proses pelaksanaan program pembelajaran Seni Budaya, dan 4) Evaluasi terhadap hasil dari pelaksanaan program pembelajaran Seni Budaya Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam (1985) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Tangerang pada bulan Oktober 2018 sampai November 2018. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data kualitatif dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Evaluasi Contex: Materi yang digunakan dalam pembelajaran Seni Budaya sudah relevan dengan Kurikulum 2013, meskipun tidak semua kompetensi dasar tersampaikan dan kebijakan guru dalam mengisi materi yang tidak tersampaikan tersebut dengan materi yang diminati peserta didik. Kedua, Evaluasi Input: Latar belakang pendidikan guru Seni Budaya telah relevan dengan mata pelajaran Seni Budaya, Sarana dan prasarana Seni Budaya yang tersedia, sudah sesuai dengan standar yang ditentukan oleh Permendiknas no. 40 tahun
2008 tentang standar sarana dan prasarana. Ketiga, Evaluasi Proses: Kualitas proses pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Tangerang termasuk dalam kategori baik dan telah sesuai dengan Permendiknas no. 41 tahun 2007 tentang standar proses pendidikan. Keempat: Evaluasi Produk; Kualitas produk, berupa prestasi belajar peserta didik yang dilihat dari hasil nilai raport semester gasal mata pelajaran Seni Budaya. Berdasarkan hasil analisis untuk komponen product dalam kategori sangat baik yang berati pembelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 Tangerang dapat dikategorikan
sangat baik.
|