Tesis ini membahas tentang program hafalan Juz ke 30 untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP Istafad Islamic School. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya lembaga pendidikan formal yang memberikan pendidikan seimbang antara pendidikan agama untuk menjadi pribadi muslim yang taat dan memahami ajaran agamanya dan sekaligus menguasai sains,pengetahuan umum, dan ketrampilan teknologi yang menjadi bekal dalam percaturan kehidupan di dunia modern. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pihak terkait perihal program Tahfidz Qur”an,dengan mengambil latar SMP Istafad Islamic School . Subjek penelitian adalah guru BTQ (Baca Tulis Qur‟an) dan siswa SMP Istafad Islamic School dan objeknya adalah Program Tahfidz Qur‟an juz ke-30untuk meningkatkan mutu pendidikan di
SMP Istafad Islamic School .Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dandokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada halyang menjadi pokok bahasan, kemudian dipahami data tersebut, disajikan, Hasil penelitian menunjukan bahwasannya Program Tahfidz Qur‟an merupakan program unggulan yang ada di SMP Istafad Islamic Scholol yang seharusnya diminati siswa dan orang tua sehingga meningkatkan mutu tetapi sebaliknya siswa merasa terbebani dan orang tua merasa keberatan jika Tahfidz Qur‟an dijadikan syarat kelulusan., solusinya adalah sekolah harus mendatangkan guru tahfidz yang sesuai dengan bidangnya sehingga siswa
menjadi lebih senang dalam menghafalkan Al Qur‟an Dan hasil peneliti tersebut, Peneliti merekomendasikan Program Tahfidz Qur‟an untuk tetap dilanjutkan dengan catatan sekolah mendatangkan guru Tahfidz yang sesuai
bidangnya. selanjutnya dapat ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, guru, tenaga pengajar, parapeneliti, dan semua pihak akademi khususnya di lingkungan Pascasarjana Uhamka
|