ABSTRAK Noor Mu?zizah Syari: Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan kompetensi Guru Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah Sekolah Dasar negeri Petang Jakarta barat. Magister Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011. Penelitian ini digunakan sebagai alat untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah, seberapa besar pengaruh Kompetensi Guru terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah, maupun seberapa besar pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Guru. Hipotesis penelitian yang diuji sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh langsung Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah, (2) terdapat pengaruh langsung Kompetensi Guru terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah, (3) terdapat pengaruh langsung Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui survey dengan pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis). Pengolahan data dengan teknik deskriptif analsis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri Petang yang berada di Kecamatan Kebon Jeruk-Jakarta Barat. Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat berjumlah 12 buah sekolah dan jumlah guru sebanyak 120 orang guru yaitu, SDN Duri Kepa 04 Pt, SDN Duri Kepa 09 Pt, SDN Kebon Jeruk 03 Pt, SDN Kebon Jeruk 09 Pt, SDN Kebon Jeruk 13 Pt, SDN Kedoya Selatan 02 Pt, SDN Kedoya Utara 02 Pt, SDN Kedoya Utara 07 Pt, SDN Sukabumi Selatan 02 Pt, SDN Sukabumi Selatan 04 Pt, SDN Sukabumi Utara 02 Pt. Pengambilan penelitian dengan teknik simple random sampling. Melalui proses perhitungan dengan rumus Slovin diperoleh jumlah sampel 55 orang guru sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah, kompetensi Guru dan Keberhasilan Manajemen berbasis Sekolah adalah angket model skala Likert. Sebelum dilakukan penelitian dilakukan uji coba instrumen terhadap 30 orang guru. Keterandalan instrumen di hitung dengan metode Alpha Cronbach, dengan hasil uji coba untuk variable tersebut yaitu (a) Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah telah diperoleh nilai reliabilitas 0,985, (b) Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki nilai reliabilitas 0,969 dan Kompetensi Guru nilai reliabilitas 0,938, sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh instrumen dinyatakan sangat reliabel, kemudian data di analisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: pertama, terdapat pengaruh langsung dan signifikan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah (X3) dengan persamaan regresi terlihat ? = 47,484 + 0,389 X1, koefisien determinasi sebesar 92,7% dan koefisien korelasi sebesar 0,963 pada taraf ? = 0,05, kedua terdapat pengaruh langsung dan signifikan Kompetensi Guru (X2) terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah (X3) dengan persamaan regresi terlihat ? = 4,539 + 0,844 X2, koefisien determinasi sebesar 98,1% dan koefisien korelasi sebesar 0,990 pada taraf ? = 0,05, ketiga terdapat pengaruh langsung dan signifikan Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Kompetensi Guru (X2) dengan persamaan regresi terlihat ? = 50,985 + 0,460 X1, koefisien determinasi sebesar 94,2 dan koefisien korelasi sebesar 0,970 pada taraf ? = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk memperbaiki dan meningkatkan kerberhasilan manajemen berbasis sekolah melalui peningkatan kualitas kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru.
|