Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas sekolah dan kepala sekolah terhadap kemampuan guru biologi dalam menyusun soal HOTS. Metode penelitian yang dilakukan yaitu melalui metode survey dengan teknik koresional. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan melakukan penyebaran instrumen yang telah diuji terlebih dahulu validitas dan reabilitasnya
dengan baik adapun sampel penelitian ini dilakukan kepada sejumlah guru anggota Musyawarah Guru Mata Pelajaran Biologi SMA Kota Tangerang Selatan. Teknik analisis data yang diperoleh melalui analisis uji normalitas, uji kualias data (validitas dan realibilitas), uji asumsi regresi, uji linearitas, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian berdasarkan uji signifikan diperoleh koefisien korelasi variabel supervisi akademik oleh pengawas (X1) dan kemampuan guru dalam menyusun soal HOTS (Y) sebesar 0,091 yang signifikan pada 0,632.
Selanjutnya, koefisien korelasi variabel supervisi akademik oleh kepala sekolah (X2) dan kemampuan guru dalam menyusun soal HOTS (Y) sebesar 0,021 yang signifikan pada 0,912, dan koefisien korelasi antara variabel supervisi akademik oleh kepala sekolah (X2) dan variabel kemampuan guru dalam menyusun soal HOTS (Y) sebesar 0,021 yang signifikan pada 0,912. Sehingga berdasarkan keeratan hubungan antar variabel dependen dan variabel independen kategori lemah karena r < 0,5. Hal ini menunjukkan bahwa pada penelitian ini kemampuan seorang guru Biologi dalam menyusun soal HOTS tidak dipengaruhi oleh supervisi akademik oleh pengawas maupun oleh kepala sekolah (1%), melainkan dipengaruhi oleh variabel lain (99%).
|