Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan
(X1) dan Kepuasan Pelanggan (X2) terhadap Loyalitas Pelanggan (X3).
Populasi penelitian ini adalah ….. Sampel penelitian sebanyak 101 orang
yang direkrut dengan menggunakan insidental sampling dengan menetapkan
pelanggan perusahaan X sebagai sampel. Pendekatan penelitian yang digunakan
adalah kuantitatif. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 21
menggunakan metode analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan
antara Kualitas Pelayanan (X1) terhadap Kepuasan Pelanggan (X2), terdapat
pengaruh positif dan signifikan antara Kepuasan Pelanggan (X2) terhadap
Loyalitas Pelanggan (X3), terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas
Pelayanan (X1) terhadap Loyalitas Pelanggan (X3). Tidak hanya itu, hasil
penelitian ini juga menunjukan bahwa Kepuasan Pelanggan (X2) memiliki peran
mediasi dalam pengaruh Kualitas Pelayanan (X1) terhadap Loyalitas Pelanggan
(X3).
|