Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Manajemen Berbasis Sekolah yang diterapkan oleh SDS Ananda, sehingga paham akan keunggulan-keunggulan dalam Manajemen Berbasis Sekolah, guna menjadi acuan serta semangat bagi sekolah lain untuk dapat meningkatkan Manajemen di sekolahnya. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kemandirian sekolah dalam memenuhi ketersediaan tenaga pendidik dan kependidikan sudah tercukupi, dan kemandirian sekolah dalam memenuhi ketersediaan sarana dan prasarana sudah tercukupi dan sudah memadai. 2) Kemitraan/kerjasama sekolah sudah baik, hal ini dapat dilihat dari hubungan internal sekolah yang sudah terjalin dengan baik melalui raker, brifeing dan MGMP. Sedangkan dengan pihak eksternal dapat dibuktikan sekolah sudah menjalin dengan beberapa lembaga dibuktikan dengan MoU. 3) Bentuk Partisipasi, dapat dilihat melalui adanya dukungan dana, fasilitas dan tenaga yang diberikan stakeholder sekolah dalam penyelenggaraan program-program sekolah. 4) Transparansi yang dilakukan sekolah juga sudah baik, hal ini dilihat dari keterbukaan sekolah dalam menyampaikan informasi melalui kegiatan rapat, papan pengumuman sekolah maupun media sosial sekolah 5) Akuntabilitas keuangan dilakukan dengan membuat laporan dalam bentuk laporan pertanggungjawaban sekolah (LPJ sekolah), kemudian hasil laporannya dilaporkan kepada pihak dinas pendidikan pusat, dinas pendidikan provinsi, komite sekolah, serta BPK (Badan Pemeriksa Keuangan).