Masa anak usia dini merupakan masa yang paling tepat untuk meletakan dasar
pertama dan utama dalam mengembangkan berbagai potensi dan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, seni, sosial emosional, moral, agama, konsep diri, disiplin diri, dan kemandirian. Maka dari itu penting jika sejak usia dini perlu ditanamkan nilai kemandirian . penanaman kemandirian pada anak usia dini serta peran pendidik dalam penanaman kemandirian faktor pendukung dan faktor penghambat serta cara untuk mengatasi. Tesis ini mengkaji tentang penanaman nilai-nilai kemandirian bagi anak usia dini di TK Mitra pertiwi kecamatan Rajeg Kabupaten Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penanaman nilai kemandirian bagi anak usia dini yang di lakukan pada TK Mitra pertiwi kecamatan Rajeg kabupaten Tangerang . Jenis
penelitian ini adalah jenis penelitian Evaluasi lapangan,dan penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif yang termasuk jenis penelitian yang bersifat deskriptif, yaitu mendeskripsikan, mengamati, menggambarkan, penanaman nilai-nilai kemandirian bagi anak usia dini . Data-data yang digunakan dalam teseis ini adalah dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi .model yang di gunakan dalam tesis ini yaitu model CIPP (Konteks, Input, Proses, Produk) Hasil dari penelitian ini, bahwa penanaman nilai-nilai kemandirian bagi anak usia dini melalui kegiatan-kegiatan yang di dalamnya ditanamkan nilai-nilai kemandirian seperti mandiri saat berangkat sekolah, mandiri saat masuk kelas, mandiri saat mengikuti kegiatan pagi ceria, mandiri ketika pembiasaan ibadah, mandiri saat kegiatan belajar
mengajar, mandiri saat istirahat, dan mandiri saat pulang. Adapun Metode yang
digunakan dalam penanaman nilai kemandirian adalah Evaluasi.
|