Untuk menganalisis hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan sikap profesional guru dengan etos kerja guru SD Islam Al Azhar se-Jakarta Selatan. Hipotesis penelitian; (1) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan etos kerja guru SD Islam Al Azhar se-Jakarta Selatan, (2) hubungan positif antara sikap profesional guru dan etos kerja guru SD Islam Al Azhar se-Jakarta Selatan, (3) Hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan sikap profesional guru secara bersama-sama dengan etos kerja guru SD Islam Al Azhar se-Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi 193 Guru, dipilih dengan proportional random sampling dengan jumlah 130 guru. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dan etos kerja guru dapat diterima, hal ini dapat diketahui dengan hasil perhitungan uji t dimana th > tt (45,146 > 1,645). Dan berdasarkan hasil perhitungan rumus koefisien korelasi product moment dapat diketahui bahwa rh > rt (0,970 > 0,159) dengan koefisien determinasi sebesar r2X1y = 0,941. Hal ini berarti sebesar 94,1% variasi etos kerja guru (Y) dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah (X1). Kedua, terdapat hubungan positif antara sikap profesional guru dan etos kerja guru dapat diterima, hal ini dapat diketahui dengan hasil perhitungan uji t dimana th > tt (49,493 > 1,645). Dan berdasarkan hasil perhitungan rumus koefisien korelasi product moment dapat diketahui bahwa rh > rt (0,975 > 0,159) dengan koefisien determinasi sebesar r2X2y = 0,950. Hal ini berarti sebesar 95,0% variasi etos kerja guru (Y) dipengaruhi oleh sikap profesional guru (X2). Ketiga, terdapat hubungan positif kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan sikap profesional guru (X2) secara bersama-sama dengan etos kerja guru (Y) dapat diterima, hal ini dapat diketahui dengan hasil perhitungan uji t dimana th > tt (5,296 > 1,645). Dan berdasarkan hasil perhitungan rumus koefisien korelasi product moment dapat diketahui bahwa rh > rt (0,975 > 0,159) dengan koefisien determinasi sebesar r2X12y = 0,952. Hal ini berarti sebesar 95,2% variasi etos kerja guru (Y) dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan sikap profesional guru (X2).
Berdasarkan temuan penelitian di atas, etos kerja guru sekolah dapat dicapai secara optimal dengan cara meningkatkan kepemimpinan kepala sekolah dan sikap profesional guru baik secara sendiri-sendiri atau secara bersama-sama. Hal ini bahwa kedua variabel tersebut menjadi 2 (dua) faktor penentu yang bermakna.
|