Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui tentang Pengaruh
Promosi, Kesadaran dan Daya Beli Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pendidikan Tinggi di Kabupaten Cianjur. Penelitian dilakukan untuk menguji dan menganalisis hubungan kausalitas yaitu pengaruh-pengaruh promosi, kesadaran dan daya beli konsumen terhadap keputusan pembelian jasa pendidikan tinggi melalui jawaban responden terhadap kuesioner untuk
menghasilkan data primer. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan metode Struktural Equation Modelling (SEM). Terdapat pengaruh positif promosi terhadap kesadaran konsumen akan pentingnya pendidikan tinggi siswa kelas XII angkatan 2014/2015 di Kabupaten Cianjur Jawa Barat dengan nilai r sebesar 0.57 atau 57 % dan uji t 9.53 > 1.651. Terdapat
pengaruh positif promosi terhadap keputusan pembelian jasa pendidikan tinggi siswa kelas XII angkatan 2014/2015 di Kabupaten Cianjur Jawa Barat dengan nilai r sebesar 0.33 atau 33 % dan uji t 5.26 > 1.651. Terdapat pengaruh positif kesadaran konsumen terhadap keputusan pembelian jasa pendidikan tinggi siswa kelas XII angkatan 2014/2015 di Kabupaten Cianjur Jawa Barat dengan nilai r sebesar 0.34 atau 34 % dan uji t 5.78 > 1.651. Terdapat pengaruh positif daya beli konsumen terhadap keputusan pembelian jasa pendidikan tinggi siswa kelas XII angkatan 2014/2015 di Kabupaten Cianjur Jawa Barat dengan nilai r sebesar 0.26 atau 26 % dan uji t 5.01 > 1.651. Nilai rē sebesar 0,63 pada tabel Squared Multiple Correlation berarti bahwa terdapat pengaruh simultan Promosi, Kesadaran Konsumen dan Daya Beli terhadap Keputusan Pembelian
sebesar 63%. Sisanya, 0,37 atau 37% dijelaskan oleh faktor lain. Ini menunjukkan
bahwa Keputusan Pembelian lebih dipengaruhi oleh variabel Promosi, Kesadaran dan Daya Beli secara bersama-sama daripada secara parsial. Sementara Keputusan Pembelian secara parsial lebih dipengaruhi oleh Kesadaran Konsumen (34%) dan Promosi (33%) daripada oleh Daya Beli (26%).
|