ABSTRAK TatiErayati. Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (TQM) dalam rangka peningkatkan kualitas tenaga pendidik di SMAN 3 Tangerang Selatan. Tesis. Program Pasca sarjana Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka, 2012. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi yang komprehensif tentang implementasi manajemen mutu terpadu (TQM) dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga pendidik di SMAN 3 Tangerang Selatan-Banten.Manajemen mutu terpadu merupakan proses perbaikan secara terus menerus atau berkesinambungan yang dilakukan oleh sekolah dalam rangka mencapai sekolah yang bermutu. Kepala sekolah sebagai manajemen puncak memegang peran penting dalam suksesnya pelaksanaan implementasi manajemen mutu terpadu (TQM) di sekolah. Konsep sekolah bermutu (unggul) perlu ada dalam konsep setiap kepala sekolah. Kepala Sekolah perlu memahami TQM sebagai suatu falsafah, metode, teknik dan strategi manajemen untuk perbaikan mutu sekolah, karena kinerja organisasi sekolah senantiasa dinilai masyarakat dalam situasi yang semakin maju seperti sekarang ini. Kepala Sekolah dan para guru perlu memahami harapan masyarakat terhadap sekolahnya Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Penggunaan metode ini adalah untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang masalah yang diteliti di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi interview, pengisian kuesioner dan dibantu dengan observasi dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Implementasi manajemen mutu terpadu (TQM) di SMAN3 Tangerang Selatan sudah dilakukan sebagaimana mestinya terutama dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik. (2) Implementasi telah memenuhi kepuasan pelanggan, perbaikan berkelanjutan dan pemberdayaan staf.
|