Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui ada tidak nya pengaruh metode pembelajaran dengan minat membaca terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa di MTs Darunnida Cikarang Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan metode kuantitatif. Metode eksperimen dengan menggunakan dua kelompok sampel yaitu siswa yang belajar dengan model pembelajaran STAD dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Consept Sentence. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks persuasi antar siswa yang belajar dengan model STAD dan siswa yang belajar dengan model Pembelajaran Consept Sentence di MTs Darunnida. Hal tersebut terbukti dari sesudah perlakuan menunjukkan mean kelas eksperimen (Model STAD) sebesar 83,26 dan mean kelas kontrol (Consept Sentence) sebesar 69,52. Serta Terdapat perbedaan kemampuan menulis teks persuasi dengan menggunakan model pembelajaran STAD dan Consept Sentence di MTs Darunnida pada kelompok siswa yang memiliki minat membaca tinggi. Nilai rata-rata kemampuan menulis teks persuasi siswa dengan minat membaca tinggi di kelas eksperimen sebesar 88,16 dan rata-rata kemampuan menulis teks persuasi siswa dengan minat membaca tinggi di kelas kontrol sebesar 73,84. Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran STAD dan Consept Sentence dan minat membaca siswa terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa di MTs Darunnida. Hal tersebut dikarenakan peningkatan kemampuan menulis teks persuasi siswa di MTs Darunida Cikarang lebih dipengaruhi oleh metode pembelajaran STAD yang diberikan oleh guru dan minat membaca. Diharapkan guru dapat lebih aktif lagi dalam menerapkan model pembelajaran pada siswa.