Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan pendekatan pembelajaran konvensional, mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika siswa yang memiliki gaya berpikir divergen dan konvergen yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan pendekatan pembelajaran konvensional, dan interaksi antara pendekatan pembelajaran kontekstual dan gaya berpikir terhadap hasil belajar Matematika siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan treatment by level 2 x 2. Menghitung uji normalitas distribusi masing-masing kelompok menggunakan uji Kolomogrov-Smirnov, uji hipotesis dengan uji-tsample Independent dengan bantuan program komputer software SPSS 24.0 for windows.Selain uji-tsample Independent digunakan juga Analisis Varians (ANAVA) satu jalur pada taraf signifikan = 0,05. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Duri Kepa 07 kelas V pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Sampel yang diteliti sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Uji instrumen dengan uji validitas dan realibilitas, uji validitas dengan rumus korelasi product moment dengan angka kasar untuk angket gaya berpikir didapat 12 soal yang valid dan 13 soal yang tidak valid, sedangkan untuk instrumen hasil belajar Matematika didapat 9 soal yang valid dan 1 soal yang tidak valid. Soal-soal angket dan istrumen yang sudah valid dijadikan angket dan instrumen penelitian. Hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar Matematika siswa : yang diajar dengan pendekatan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional, yang memiliki gaya berpikir divergen yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual lebih tinggi daripada pendekatan konvensional, yang memiliki gaya berpikir konvergen yang diajar menggunakan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada pendekatan pembelajaran konvensional, terdapat pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran kontekstual dan gaya berpikir terhadap hasil belajar Matematika.
|