Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaktif strategi pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap pemahaman bacaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, lebih spesifik eksperimen faktorial 2x2. Sampel yang digunakan 80 siswa. Sebagai pendekatan eksperimen siswa mendapatkan treatment dua strategi pembelajaran membaca yaitu SAVI dan SQ3R. Penelitian ini menggunakan teknik proposional random sampling dari seluruh kelas X SMM Negeri Kota Bekasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pemberian tes pemahaman bacaan dan tes penguasaan kosakata. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen penelitian dengan uji validitas dan reliabilitas,. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji Anova 2 jalur. Dari penelitian ini didapatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil pengujian yang diperoleh bahwa nilai sig = 0,000<0,05 dan Fh = 14,104. Dalam hal ini penggunaan strategi pembelajaran SAVI menyebabkan kemampuan membaca pemahaman lebih tinggi dibanding kemampuan membaca pemahaman yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran SQ3R. Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan strategi pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hal tersebut dibuktikan oleh hasil pengujian yang diperoleh bahwa nilai sig = 0,000<0,05 danFh =28,962. Dalam hal ini penggunaan strategi pembelajaran SAVI dan penguasaan kosakata tinggi menyebabkan kemampuan membaca pemahaman lebih tinggi.