Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaktif strategi
pembelajaran dan penguasaan kosakata terhadap pemahaman bacaan. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, lebih spesifik
eksperimen faktorial 2x2. Sampel yang digunakan 80 siswa. Sebagai pendekatan
eksperimen siswa mendapatkan treatment dua strategi pembelajaran membaca
yaitu SAVI dan SQ3R. Penelitian ini menggunakan teknik proposional random
sampling dari seluruh kelas X SMM Negeri Kota Bekasi. Pengumpulan data
dilaksanakan dengan pemberian tes pemahaman bacaan dan tes penguasaan
kosakata. Analisis data terdiri dari pengujian instrumen penelitian dengan uji
validitas dan reliabilitas,. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis dengan
uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dengan uji Anova 2 jalur.
Dari penelitian ini didapatkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
penggunaan strategi pembelajaran terhadap kemampuan membaca pemahaman.
Hal tersebut dibuktikan oleh hasil pengujian yang diperoleh bahwa nilai sig =
0,000<0,05 dan Fh = 14,104. Dalam hal ini penggunaan strategi pembelajaran
SAVI menyebabkan kemampuan membaca pemahaman lebih tinggi dibanding
kemampuan membaca pemahaman yang diajar dengan menggunakan strategi
pembelajaran SQ3R.
Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan strategi pembelajaran dan
penguasaan kosakata terhadap kemampuan membaca pemahaman. Hal tersebut
dibuktikan oleh hasil pengujian yang diperoleh bahwa nilai sig = 0,000<0,05
danFh =28,962. Dalam hal ini penggunaan strategi pembelajaran SAVI dan
penguasaan kosakata tinggi menyebabkan kemampuan membaca pemahaman
lebih tinggi.
|