Tesis ini bertujuan untuk mengungkap konsep dan implementasi nilai-nilai Islam
dalam rangka pembangunan karakter siswa di SMP Al-Taqwa College Indonesia Bogor. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif Studi Kasus yaitu dengan mendapatkan data secara ilmiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah dan beberapa siswa. Observasi dilakukan kepada para siswa di lapangan dengan waktu 11 bulan pengamatan.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai Islam dalam membangun
karakter anak didik dengan empat nilai yaitu shidiq, amanah, tabligh, dan fathonah. Nilai-nilai tersebut membentuk karakter yang utuh sebagai manusia yang berahlak dan mulia. Sumber dari pada ke empat nilai tersebut adalah al-Quran dan As-Sunnah. Al-Quran sebagai sumber utama dan As-Sunnah sebagai contoh teladan penerapan Al-Quran dalam kehidupan nyata. Penanaman nilai-nilai Islam dalam membentuk karakter peserta didik pada sekolah Al-Taqwa College Indonesia Bogor dilakukan secara integral bersama dengan mata pelajaran yang lain dan aktivitas di luar jam pembelajaran. Karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Islam mampu memberikan solusi untuk setiap
masalah-masalah perilaku peserta didik yang tidak baik.
|