Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode GASING terhadap
kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah Matematika pada materi pecahan di kelas V SDN Kedoya Utara 01 Kebon Jeruk Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 4, berdasarkan kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah Matematika (tinggi dan rendah). Penerapan random sampling dari 2 kelas, diperoleh kelas A (kelas eksperimen) yang diberikan pembelajaran menggunakan Metode GASING dan kelas B (kelas kontrol) yang diberi pembelajaran menggunakan metode Drill. Data diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kreatif dan tes kemampuan pemecahan masalah
Matematika siswa yang telah memenuhi validitas dan reliabilitas. Data dianalisis
melalui uji independent sample t test dengan bantuan SPSS 24. Hasil penelitian
menunjukkan hasil belajar kemampuan berpikir kreatif tinggi siswa diperoleh thitung sebesar 4,634 > ttabel 2,179 dengan signifikansi 0,001<0,05. Sedangkan hasil belajar kemampuan pemecahan masalah Matematika tinggi siswa diperoleh thitung sebesar 5,786 > ttabel 2,200 dengan signifikansi 0,00 <0,05. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penelitian Metode GASING mempunyai pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif dan kemampuan pemecahan masalah Matematika terutama pada kelompok siswa berkemampuan tinggi. Ketercapaian tertinggi terdapat pada aspek
kelancaran berpikir kreatif dan pada tahap menjalankan rencana dalam pemecahan masalah Matematika.
|