Abstrak  Kembali
ABSTRAK Khaerul Anam. Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dan Ketahanmalangan Guru Terhadap Komitmen Kerja Guru Adaptif Sekolah Menengah Kejuruan di Kecamatan Koja Jakarta Utara. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2012. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kecamatan Koja Jakarta Utara yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengarauh pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap komitmen kerja guru, seberapa besar pengaruh ketahanmalangan guru terhadap komitmen kerja guru, maupun seberapa besar pengaruh pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap ketahanmalangan guru. Hipotesis penelitian yang di uji adalah : (1) Terdapat pengaruh langsung pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap komitmen kerja guru, (2) Terdapat pengaruh langsung ketahanmalangan guru terhadap komitmen kerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung pelaksanaan supervisi kepala sekolah terhadap ketahanmalangan guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui survey dengan pendekatan analisis jalur (Path Analysis). Pengolahan data dengan teknik deskriptif analis. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru adaptif sekolah menengah kejuruan di Kecamatan Koja Jakarta Utara sebanyak 150 guru dengan jumlah sampelnya 100 guru yang dipilih secara acak serta proporsional. Instrument yang digunakan untuk menjaring data variable pelaksanaan supervise kepala sekolah, ketahanmalangan guru dan komitmen kerja guru adalah skala likert. Sebelum dilakukan penelitian, maka diadakan uji coba instrument terhadap 30 guru. Keandalan instrumen dilakukan dengan metode Alpha Cronbach, dengan hasil uji coba untuk variable: (a) Komitmen kerja guru diperoleh nilai reliabilitas r = 0.976, (b) Pelaksanaan supervisi kepala sekolah diperoleh nilai reliabilitas r = 0.990 (c) Ketahanmalangan guru diperoleh nilai reliabilitas r = 0.997. sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh instrument dinyatakan sangat reliable, kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa : pertama, terdapat pengaruh langsung dan signifikan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah (X1) terhadap Komitmen Kerja Guru (X3) dengan persamaan regresi X3 = 66.80 + 0.57X1, koefisien determinasi sebesar 41.38% , koefisien korelasi (r13) = 0.64, dan koefisien jalur þ31 = 0.624 > 0,05 maka diperoleh kesimpulan tolak H0 dan diterima H1. kedua, terdapat pengaruh langsung dan signifikan Ketahanmalangan Guru (X2) terhadap Komitmen Kerja Guru (X3) dengan persamaan regresi X3 = 11.96 + 0.16X2, koefisien determinasi sebesar 7.2% , koefisien korelasi (r23) = 0.26, dan koefisien jalur þ32 = 0.057 > 0,05 maka diperoleh kesimpulan tolak H0 dan diterima H1. ketiga, terdapat pengaruh langsung dan signifikan Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah (X1) terhadap Ketahanmalangan Guru (X2) dengan persamaan regresi X2 = 84.81 + 0.40X1, koefisien determinasi sebesar 33.88% , koefisien korelasi (r12) = 0.33, dan koefisien jalur þ21 = 0.338 > 0,05 maka diperoleh kesimpulan tolak H0 dan diterima H1. Hasil penelitian ini diharapkan akan berguna untuk peningkatan pendidikan bagi para peserta didik, orang tua/wali murid, sekolah dan tenaga pendidik.