Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Implementasi Penggunaan Metode Pembelajaran Sentra Di Tk Islam Permata Az - Zumar Kecamatan Serpong – Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk memahami evaluasi implementasi penggunaan metode pembelajaran sentra yang dilakukan di TK Islam Permata Az-Zumar Kecamatan Serpong. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi secara holistik dan dengan cara deskriptif. Adapun desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi implementasi penggunaan media dan metode pembelajaran pada sentra ini di desain menggunakan model CIPP (Context, Input, Process and Product).
Penelitian ini terdiri dari empat kali. Responden yang diteliti berjumlah 51 anak. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Analisis penelitian menggunakan model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan berbagai sumber dan metode. Sumber data adalah kepala sekolah dan guru di TK Islam Permata Az-Zumar Kecamatan Serpong. Evaluasi pembelajaran menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan rating scale. TK Islam Permata Az Zumar menggunakan dua kurikulum yaitu KTSP dan K-13 yang diintegrasikan pada nilai - nilai keislaman. Penelitian tentang implementasi penggunaan metode pembelajaran sentra di TK Az Zumar sudah berhasil dengan baik sesuai dengan standar. Keberhasilan
implementasi penggunaan metode sentra itu dikarenakan guru-guru TK Az Zumar yang kreatif, inovatif, dan sangat menguasai terutama kemampuan pedagogiknya dala hal pembelajaran sentra. namun, hal tersebut juga didukung oleh orangtua serta sarana dan prasarana yang ada sehingga metode pembelajaran sentra merupakan metode yang cocok digunakan di PAUD.
|