Abstrak  Kembali
ABSTRAK TRI PUJI HARTONO (1008016015), Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Geometri Bangun Ruang Sisi Datar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Jakarta. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh multimedia interaktif dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar geometri bangun ruang sisi datar di SMP Negeri 5 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 5 Jakarta kelas VIII tahun pelajaran 2011/ 2012 yang tersebar di 6 kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian terpilih dua kelas kelompok eksperimen dan dua kelas kelompok kontrol. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data hasil belajar geometri bangun ruang sisi datar menggunakan tes dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,842 sedangkan data gaya belajar dikumpulkan menggunakan skala dengan koefisien reliabilitas 0,914 Hasil penelitian mengungkapkan: (1) Hasil belajar geometri bangun ruang sisi datar siswa yang diajar dengan menggunakan multi media interaktif lebih tinggi dari pada dan siswa yang diajar dengan menggunakan media sederhana (thitung = 2,068 > ttabel = 1,655). (2) Hasil belajar geometri bangun ruang sisi datar siswa gaya belajar visual lebih tinggi daripada siswa gaya belajar auditori (thitung = 3,960 > ttabel = 1,659). (3) Hasil belajar siswa gaya belajar visual lebih tinggi daripada siswa gaya belajar kinestetika (thitung = 3,829 > ttabel = 1,660). (4) Hasil belajar siswa gaya belajar auditori lebih tinggi daripada siswa gaya belajar kinestetik (thitung = 2,021 > ttabel = 1,663). (5) Terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dengan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar geometri bangun ruang sisi datar (Fhitung = 10,552 > Ftabel = 3,059). (6) Hasil belajar siswa gaya belajar visual yang diajar menggunakan multimedia interaktif lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan media sederhana. (thitung = 3,004 > ttabel = 1,670). (7) Hasil belajar siswa gaya belajar auditori yang diajar menggunakan multimedia interaktif lebih tinggi daripada siswa yang diajar menggunakan media sederhana (thitung = 3,377 > ttabel = 1,680). (8) Hasil belajar siswa gaya belajar kinestetik yang diajar menggunakan multimedia interaktif lebih rendah daripada siswa yang diajar menggunakan media sederhana (thitung = 2,585 > ttabel = 1,685). Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditori, Gaya Belajar Kinestetika.