Penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar signifikansi
pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja guru. Banyak penelitian membuktikan bahwa guru yang memiliki kepuasan kerja memilki motivasi dan mencapai tujuan optimal, guru yang tidak memiliki kepuasan kerja sulit mencapai tujuan yang diharapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey causal dengan menggunakan instrumen angket kuesioner. Dari 412 populasi guru, pengambilan sampel dilakukan secara random proporsional sebanyak 81 responden yang tersebar di 11 (sebelas) Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Kecamatan Cengkareng Jakarta Barat. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis uji hipotesis dan uji regresi linieritas dengan menggunakan analisis Statistic Product and Solution System (SPSS) Hasil analisis penelitian membuktikan terdapat pengaruh langsung positif signifikan gaya kepemimpinan terhadap kepuasan kerja secara parsial dengan nilai
t-hitung 5,070 > 1,658 t-tabel. dan pengaruh langsung positif signifikan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja guru dengan nilai t-hitung 5,538 > 1,658 t-tabel. Hasil akhir analisis membuktikan nilai t-hitung 3,808 > 1,658 t-tabel. Artinya terdapat pengaruh langsung positif signifikan gaya kepemimpinan terhadap budaya organisasi secara parsial.
|