Abstrak  Kembali
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengkaji dan menganalisis Pengaruh Iklim Sekolah Dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Matematika Di SMP Negeri Kecamatan Kebayoran Baru. Metode penelitian adalah survey kausal menggunakan tes dan angket dengan pendekatan analisis jalur. Populasinya adalah siswa kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan sebanyak 210 siswa dan sampel sebanyak 138 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung yang signifikan iklim sekolah (X1) terhadap hasil belajar matematika siswa (X3) dengan persamaan regresi 𝑋3 ̂ = −74.532 + 0.590𝑋1, koefisien korelasi dan r13= 0.986 dan koefisien jalur X1 terhadap X3 p31= 0.591 pada taraf signifikansi α = 0,05, (2) terdapat pengaruh langsung yang signifikan motivasi berprestasi (X2) terhadap hasil belajar matematika siswa (X3) dengan persamaan regresi 𝑋3 ̂ = −72.193 + 0,575𝑋2, koefisien korelasi dan r23= 0.989 dan koefisien jalur X2 terhadap X3 p32= 0.404 pada taraf signifikansi α = 0,05, (3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan iklim sekolah (X1) terhadap motivasi berprestasi (X2) dengan persamaan regresi 𝑋2 ̂ = −1.874 + 1.013𝑋1, koefisien korelasi dan r12= 0.984 dan koefisien jalur X1 terhadap X2 p21= 0.984 pada taraf signifikansi α = 0,05.