Maryam. Evaluasi Implementasi Teaching Factory Pada Bidang Perhotelan di Sekolah Menengah Keujuran 57 Jakarta Selatan. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Jakarta 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi: 1) konteks (context) implementasi program teaching factory pada aspek kondisi lingkungan yang mendukung meliputi (a) Visi Misi Sekolah, (b) Kerjasama dengan DU/DI, (c) kurikulum yang digunakan menjadi acuan; 2) masukan (input) program Pendidikan sistem ganda yang meliputi, (a) ketersedian sarana dan prasarana, (b) sumber daya manusia, (c) karakteristik peserta didik, (d) perencanaan pembelajaran teaching factory; 3) proses (prosess) membahas pelaksanaan program pembelajaran teaching factory; 4) produk (product) yaitu hasil praktik peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 57 Jakarta, pada bidang keahlian perhotelan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif evaluative model CIPP (Context, input, prosess, product). Sampel penelitian
ini diambil dengan Teknik purposive sampling yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan peserta didik kelas X jurusan perhotelan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) evaluasi terhadap konteks tergolong tinggi, aspek ini meliputi (a) Visi Misi Sekolah, (b) Kerjasama dengan DU/DI, (c) kurikulum yang digunakan menjadi acuan program
pembelajaran teaching factory. 2) evaluasi terhadap masukan program pembelajaran teaching factory tergolong tinggi. Aspek input terdiri dari: (a) ketersedian sarana dan prasarana, (b) sumber daya manusia, (c) karakteristik peserta didik, (d) perencanaan pembelajaran teaching factory; 3) evaluasi terhadap proses (prosess) tergolong tinggi
aspek yang dinilai tentang pelaksanaan program pembelajaran teaching factory; 4) evaluasi terhadap produk (product) tergolong sangat tinggi aspek yang dinilai yaitu hasil praktik peserta didik (penilaian).
|