ABSTRAK HAMDARI, ?Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru terhadap kepuasan kerja guru SMA Negeri Se Kota Tangerang Selatan?. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menguji pengaruh Antara Gaya kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru guru terhadap kepuasan kerja guru SMA Negeri Se Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Se Kota Tangerang Selatan, dengan metode penelitian lapangan melalui survei, menggunakan kuesioner. Populasi target guru SMA Negeri Se Kota Tangerang Selatan, sedangkan populasi terjangkau adalah guru SMA Negeri Se Kota Tangerang Selatan dengan menggunakan teknik random sampling. Jumlah populasi 270 jumlah sampel 72 orang. Dalam penelitian ini terdapat 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung antara: (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (2) disiplin kerja guru guru terhadap kepuasan kerja guru, (3) Gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru guru. Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen dengan Pearson Product Moment dan Alpha Cronbach. Instrumen kepuasan kerja guru memiliki reliabilitas rtt = 0,8025, gaya kepemimpinan kepala sekolah memiliki reliabilitas rtt = 0,7935, dan disiplin kerja guru guru memiliki reliabilitas rtt = 0,8105. Ramalan pengaruh dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana. Hasilnya disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh langsung sangat signifikan gaya kepemimpinan (X1) terhadap kepuasan kerja guru (X3) memperoleh persamaan regresi X3 = 83,9961 + 0,5774X1 koefisien korelasi r13 = 0,311 dan koefisien determinasi r2 x 100% = 0,3112 x 100% = 0,097 , (r13)2 = 9% , pada taraf signifikansi ? = 0,05, (2) terdapat pengaruh langsung sangat signifikan disiplin kerja guru guru (X2) terhadap kepuasan kerja guru (X3) memperoleh persamaan regresi X3 = 88,4099 + 0,6226X2 koefisien korelasi r23 = 0,855 dan koefisien determinasi r2 x 100% = 0,8552 x 100% = 0,731 , (r23)2 = 73% , pada taraf signifikansi ? = 0,05 (3) terdapat pengaruh langsung komitmen tugas (X1) terhadap disiplin kerja guru (X2) dengan koefisien korelasi r12 = 0,838 dan koefisien determinasi r2 x 100% = 0,8382 x 100% = 0,702 , r12 = 70% , pada taraf signifikansi ? = 0,05. Berdasarkan hasil penemuan tersebut, disimpulkan bahwa kepuasan kerja guru meningkat apabila gaya kepemimpinan kepala sekolah efektif dan disiplin kerja guru guru tinggi. Upaya mengefektifkan gaya kepemimpinan kepala sekolah dapat dilakukan melalui, gaya kepemimpinan rutin, sedangkan upaya peningkatan disiplin kerja guru guru dilakukan melalui, isme. Akhirnya hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan dan untuk peningkatan kepuasan kerja guru khususnya kepuasan kerja guru SMA Negeri Se Kota Tangerang Selatan.
|